Buku Untuk Mbinu Dita

Penyaluran Bantuan Buku #BangunMbinuDita

Partisipasi Kawan-kawan Baik

Masih ingatkah kawan, akhir bulan Desember 2019 lalu, kelas paralel Mbinu Dita roboh karena angin dan menghacurkan ruangan kelas beserta isinya. Sore itu, ibu guru Mira mengkomunikasikan kepada kami bahwa membutuhkan buku-buku untuk proses belajar mengajar di semester genap, yaitu buku kelas 1 dan 2 dengan kulirkulum K13. Bisa buku dari penerbit mana saja yang penting sudah menerapkan kurikulum k13.
 
Secara spontan kami mengumumkan melalui media sosial kami, Kawan Baik Indonesia dan secara personal masing-masing dari kami berbagi cerita kepada kolega kami untuk dapat berpartisipasi membantu mengumpulkan buku yang dibutuhkan.

Gayung Bersambut

Cukup banyak kawan baik di luar sana yang perduli terhadap kawan-kawan kecil kita di Mbinu Dita, beberapa kawan mengantar buku sumbangannya langsung ke kantor kami, ada juga yang dikirimkan dari luar kota ke kantor kami. Yang paling mengesankan adalah terdapat satu sekolah di Denpasar yang menyiapkan buku-buku dari siswa yang sudah naik tingkat secara kolektif, sehingga buku yang dikumpulkan seragam dengan jumlah yang cukup banyak. Dan ternyata di dalam kardus-kardus buku tersebut juga terdapat alat-alat tulis serta buku tulis baru untuk kawan-kawan kecil di Mbinu Dita. Ada juga buku-buku cerita umum, buku pengetahuan lainnya yang dapat digunakan oleh bapak ibu guru sebagai bahan ajar di sekolah.

Buku-buku ini kami kirimkan ke Sumba dengan menggunakan ekspedisi laut, karena jumlah kardus yang dikirim cukup banyak, yaitu 12 kardus ukuran besar. Waktu yang ditempuh hingga sampai di Waingapu kurang lebih 1 minggu, sehingga tidak terlalu lama untuk memulai semester baru.
 
Buku yang tiba di Waingapu kemudian disortir atau dikelompokkan sesuai dengan kelas dan tema. Kak Nofi dibantu dengan kak Primus juga mendata buku-buku yang tiba untuk mendapatkan catatan buku dan jumlahnya.
Senin lalu, tanggal 27 Januari 2020 buku-buku diantar ke sekolah Mbinu Dita dengan menggunakan pick up milik Kak Ardy, salah satu anggota dari Komunitas Peduli Pendidikan Sumba Timur (KP2S), ditemani beberapa kawan-kawan dari Kawan Baik Indonesia dan (KP2S). Tentu saja buku ini diterima dengan senang hati oleh ibu guru dan siswa Mbinu Dita. Senyuman kawan-kawan kecil kita juga nampak saat mereka dibagikan buku tulis baru meskipun saat ini mereka masih harus menempati kelas darurat.

Semoga buku-buku ini cukup memberikan semangat untuk kawan-kawan kecil kita di Mbinu Dita untuk terus belajar dengan semangat dengan apa yang dimiliki saat ini. 

Terimakasih kepada kawan-kawan yang sudah mengumpulkan buku dan meluangkan waktu untuk menitipkannya kepada kami. Karena dengan kepedulian tersebut kita dapat memberikan kesempatan dan akses untuk mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

  

Pin It on Pinterest